pexels-oleg-magni-2058147.jpg

27

Oct

Cara Menghitung Biaya Impor Produk dari China

Hingga saat ini masih banyak teman-teman pelaku pedagang produk impor dari China yang tidak tahu sebenarnya apa saja sih komponen biaya yang selama ini dibayarkan ke jasa freight forwarder door to door yang umumnya ditagihkan borongan dalam harga berapa juta rupiah per kubik (m3). Sebenarnya ada empat komponen besar dari biaya yang anda keluarkan, diulas secara singkat sebagai berikut:

Sebelumnya anda perlu mempersiapkan Invoice (nilai pembelian dalam US$) dan Packing List (berat dan volume) dari produk yang rencana anda akan impor,

  1. Bea Masuk (BM)​​​​
    Komponen pertama dari biaya impor yang berupa pajak dengan tarif yang tidak tetap, tergantung pada jenis barang yang akan diimpor berdasarkan klasifikasi HS Code. Contohnya produk blus wanita (gambar sebelah) dengan HS Code 6211.42.90 dikenakan BM sebesar 25%, namun jika produk dari China dan memiliki Certificate of Origin (COO) berupa Form E, maka BM akan dikenakan 0%.

  2. Pajak Pertambahan Nilai (PPN)
    Komponen kedua dari biaya impor yang berupa pajak dengan tarif 10% dari nilai impor dengan terms CIF(Cost+Insurance+Freight)

  3. Pajak Penghasilan Impor (PPh Pasal 22)
    Komponen ketiga dari biaya impor yang berupa pajak dengan tarif 2.5% dari nilai impor (CIF) pada umumnya, namun menurut Peraturan Menteri Keuangan No. 107/PMK.010/2015, ada beberapa produk yang dikenakan tarif yang lebih tinggi, yakni sebesar 7.5% atau 10%.

  4. Freight
    Komponen keempat dari biaya impor yang terdiri atas biaya asuransi, biaya pengapalan kontainer, biaya dokumen, dan biaya bongkar muat kontainer. Biaya ini mengikuti volume atau berat dari produk yang diimpor.

Sekilas merupakan penjelasan singkat dari Biaya Impor Produk dari China ke Indonesia. Semoga artikel ini membantu pembaca memahami perhitungan biaya impor. Jika anda tertarik ingin melakukan impor, silahkan konsultasikan dengan mengirim email ke importresmi@gmail.com berisi invoice dan packing list anda!

Salam importresmi!

Bagikan :

1912 kali

Postingan Terkait

Postingan Terbaru

Butuh Import?

Bila Anda membutuhkan jasa impor, kami siap untuk membantu Anda. Isi formulir dibawah dan kami akan segera menghubungi Anda.

Kebutuhan

Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan juga menerapkan Kebijakan Privasi serta Persyaratan Layanan Google.